13 Penyebab Kenapa Usaha Selalu Gagal : Cara Bangkit Sukses


13 Penyebab Kenapa Usaha Selalu Gagal : Cara Bangkit Sukses

Kenapa usaha selalu gagal? ~ anda pasti tahu bahwa berwirausaha memiliki resiko gagal, bahkan ada orang yang terus menerus gagal setiap membangus bisnis baru, penyebab dan faktor utama kegagalan adalah kurangnya Ilmu,  cara menghadapinya adalah bangkit, belajar, dan memulai lagi....saya yakin setelah mempelajari ilmu dibawah ini anda bisa mengatasi kegagalan dalam usaha anda.
Dibawah ini adalah list biang kerok penyebab gagalnya usaha..coba cek apakah hal dibawah ini ada di usaha anda, kami juga mencantumkan juga solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi hal tersebut jika terjadi di usaha anda.
Adapun hal yang yang menyebabkan kegagalan usaha adalah :

  • Tidak punya tujuan yang jelas
  • Lokasi usaha yang tidak strategis
  • Hanya sedikit yang tahu
  • Tidak menarik bagi konsumen
  • Produk yang jelek
  • Pelayanan tidak bagus
  • Manajemen yang buruk
  • Kehabisan modal
  • Terlilit hutang bank
  • Salah merekrut karyawan
  • Tidak fokus
  • ada kompetitor yang lebih baik
  • Kepribadian yang tidak cocok untuk jadi pengusaha
  • Banyak dosa
  • Tidak pernah belajar cara memasarkan barang



Tidak ada seorangpun yang ingin usahanya gagal, termasuk anda, namun...jika kegagalan tersebut terus terusan terjadi meskipun sudah bergonta-ganti usaha, mungkin ada yang salah dengan hal-hal yang anda lakukan...dan anda lakukan terus menerus setiap anda membuka usaha baru
Albert Einstein pernah berkata “Gila itu adalah jika anda melakukan hal yang sama berulang kali namun menginginkan hasil yang berbeda”

Jika anda melakukan kesalahan yang membuat anda selalu gagal, anda harus belajar lagi...agar anda bisa memperbaik kesalahan dan kebiasaan yang anda lakukan sebelumnya..

Inilah Penjelasan dari masing-masing penyebab kegagalan usaha :

Tidak Punya Tujuan Yang Jelas

Yang pertama adalah tidak adanya tujuan yang jelas...semua pebisnis besar selalu memiliki tujuan yang jelas untuk usahanya...  andapun harus melakukan hal yang sama jika ingin memiliki usaha yang berhasil,

Tujuan yang dimaksud salah satuny adalah target penghasilan, jika anda berniat membuka usaha lagi.. pastikan anda menentukan berapakah target penghasilan yang anda inginkan, apakah 5 juta perbulan, atau 30 juta perbulan, atau lebih..

Jika perlu, anda bisa menuliskanya di kertas dan menempelkanya di tembok tempat kerja anda,

Dengan memiliki tujuan yang jelas, anda akan termotivasi untuk mengejar target tersebut apapun caranya..
Saya pernah melakukan hal yang sama, saya gagal saat membangun cafe pertama saya, saat itu tujuan saya hanya ingin membuat usaha sendiri, dan saya berhasil, saya membuka usaha tanpa modal pribadi sama sekali, melainkan dari modal investor...setelah itu cafe tersebut bangkrut karena tidak memiliki tujuan dan cara menjalankan usaha yang benar..

Mungkin anda tidak percaya pada hal ini, namun lakukan saja...buatlah target dan baca setiap hari, insyaAlloh usaha anda akan mengalami perubahan..

Usaha gagal Karena Lokasi Yang Kurang strategis

Yang kedua adalah usaha gagal dikarenakan lokasi yang tidak strategis... anda pasti setuju dengan statemen saya ini,
Anda bisa membangun usaha dimana saja anda mau, namun jika anda ingin usaha anda sukses, maka carilah tempat yang strategis,..

Jika anda akan membuka usaha lagi, pastikan lokasi yang akan anda tempati memenuhi kriteria ini..

  • -Dipemukiman padat penduduk
  • -Didekat tempat yang ramai seperti sekolah/kampus
  • -Terlihat jelas dari jalan
  • -Memiliki lahan parkir yang cukup
  • -Tidak berada di jalur cepat
  • -Harga terjangkau
Ada kesalah pahaman yang biasa dilakukan kebanyakan orang, yaitu menganggap bahwa tempat usaha di pinggir jalan adalah lokasi yang tepat untuk mendirikan usaha.... hal ini tidak sepenuhnya benar, jika anda tidak bisa menarik perhatian orang yang lewat, maka usaha anda akan tetap sepi, jika yang lewat tidak butuh, maka mereka juga tidak akan mampir..

Sebenarnya yang paling bagus adalah tempat usaha yang berada di pemukiman padat penduduk atau tempat yang dekat dengan lokasi ramai seperti sekolah/kampus atau pabrik yang berada di pinggir jalan, jika anda dapat mendapatkan lokasi seperti ini.. anda tinggal menjual barang yang mereka butuhkan, misalkan anda mendapatkan lokasi di dekat kampus, anda bisa menjual jasa fotocopy atau menjual cemilan yang disukai mahasiswa..

Intinya, sesuaikan dengan orang-orang dilokasi anda tersebut..

Usaha Gagal Karena Hanya Sedikit yang Tahu

Tanpa pembeli usaha akan gagal, anda pasti tahu akan hal ini...sekarang jawab pertanyaan saya... berpakah orang yang tahu usaha anda? dan berapakah yang mengenalnya dengan baik?
Apakah 1000 orang? Ataukah 100.000 orang?

Jika yang tahu usaha anda hanya 100 orang, maka pantas saja anda gagal.... jika anda ingin membuka usaha lagi, anda harus bisa memberitahukan produk yang anda jual dan kelebihan produk anda kepada sebanyak mungkin orang, bisa dengan menggunakan banner, ataupun promosi media sosial..

Semakin banyak orang yang tahu usaha anda, maka semakin laris usaha anda...

Usaha Gagal Karena Tidak Menarik Bagi Konsumen


Selanjutnya adalah karena produk atau tempat usaha anda tidak menarik bagi konsumen...coba bayangkan ada sebuah warung mie ayam dengan cat putih yang sudah menguning..terdapat jamur ditembok, dan tulisan Mie ayam yang entah sudah sejak berapa puluh tahun tidak diganti..

Apakah anda mau mapir..? saya rasa anda juga akan malas kesana, kecuali memang kepepet..

Atau usaha anda bersih, namun banner yang anda pasang sama seperti usaha lain, biasa dan tidak mencolok.... maka hal ini juga bisa menyebabkan usaha anda gagal..

Utuk itu anda harus bisa menarik minat konsumen, dengan cara membersihkan tempat usaha dan menampilkan penawaran yang menarik bagi calon pelanggan, misalkan anda menjual ayam geprek, anda bisa memajang foto ayam geprek dengan ukuran besar dan terlihat enak di depan tempat usaha anda..

Hal ini akan lebih menarik daripada anda hanya memasang tulisan Ayam Geprek, di depan tempat usaha anda..

Usaha Gagal Karena Produk Yang Jelek

Bayangkan anda sekarang lapar dan berencana makan bakso, ada warung bakso baru buka disamping tempat rumah anda, warungnya terkenal karena  tempatnya bagus...kemudian anda pergi kesana untuk mencoba baksonya..

Saat anda makan, ternyata rasa baksonya sangat tidak enak...

Pertanyaanya,, apakah anda akan membeli disana lagi? Tentu tidak bukan, hal ini juga sama... bisa jadi usaha anda gagal karena produk anda jelek...

Jika anda tidak yakin, anda bisa mencobakan produk anda kepada 10 orang berbeda, bagaimana pendapat orang-orang tersebut..apakah kualitasnya bagus, biasa, atau jelek.... jika kualitasnya biasa saja...maka jika anda pengusaha lain yang bisa memberikan produk yang bagus, maka produk anda akan kalah dan usaha anda pun gagal...

Usaha Gagal karena Pelayanan yang tidak bagus

Pelayanan yang buruk bisa membuat  pembeli malas kembali...pelayanan bukan hanya soal ramah atau tidaknya pelayanan, namun juga kecepatan layanan, dan after sales yang baik..
.
Jika anda tidak memberika  pelayanan yang maksimal pada pelanggan, kemungkinan pelanggan tidak akan kembali untuk membeli produk anda..

Usaha Gagal karena Manajemen yang buruk

Manajemen adalah pengaturan atau pengelolaan, contoh usaha dengan pengelolaan yang buruk adalah,  catatan usaha yang berantakan...anda menggabungkan uang pribadi dan uang usaha, jam buka usaha yang tidak teratur....bahkan bisa juga pengelolaan karyawan yang buruk.

Saat usaha anda bangkrut karena kesalahan kesalahan pegawai, sebenarnya ini bukan kesalahan mereka, andalah yang salah karena tidak bisa mengatur dan mendidik karyawan dengan baik.

Usaha Gagal Karena Kehabisan Modal

Usaha yang baru dibuka biasanya tidak langsung laris, butuh waktu untuk bisa dikenal oleh banyak orang.. pada saat pengenalan usaha, anda mungkin akan mengalami kerugian karena barang anda tidak langsung laris, dan anda harus memiliki modal yang cukup untuk tetap bisa menjalankan usaha anda.

Apa jadinya jika pada bulan kedua anda membuka usaha, anda kehabisan modal..? sedangkan usaha belum begitu ramai dan hasilnya belum cukup untuk membayar pengeluaran bulanan?

Bisa jadi anda akan berhutang atau bahkan ahirnya menutup usaha, jika usaha anda gagal karena hal ini, jika anda akan membuka usaha lagi, pastikan anda memiliki modal cadangan untuk keperluan seperti ini.

Usaha Gagal Karena Terlilit Hutang Bank

usaha gagal usaha bangkrut karena utang bank

Bangkrut karena banyak hitang adalah masalah sejuta umat...pengen usaha namun gak punya modal, ahirnya hutang bank....usaha sepi kehabisan modal, dan butuh uang untuk menjalankan usaha, ahrinya hutang bank..

Saat usaha sepi dan anda tidak memiliki cukup uang untuk membayar cicilan, maka anda akan kelimpungan kesana kemari untuk mendapatkan uang untuk bayar cicilan... ahirnya usaha malah tidak terurus...Dan anda tahu ahirnya apa yang terjadi...? usaha tidak terurus yang ahirnya bangkrut...dan cicilan anda belum lunas terbayar...
Percayalah...saya juga pernah mengalami hal ini..jangan pernah meminjam uang bank karena resiko usaha anda gagal akan semakin tinggi...

Usaha Gagal Karena Salah Merekrut Karyawan

Yang selanjutnya adalah kesalahan dalam merekrut karyawan...karyawan bisa diibaratkan prajurit yang anda gunakan untuk berperang.. jika prajurit anda lemah, atau penakut..anda pasti kalah dalam perang...
Salah satu hal kenapa usaha gagal adalah merekrut karyawan dengan kualitas jelek.. tidak bisa bekerja dengan baik, tidak niat kerja, atau bahkan suka mencuri...
Jika semua karyawan anda seperti ini, usaha anda pasti bangkrut dalam waktu yang cepat..jika anda ingin membuka usaha lagi, pastikan anda menyeleksi baik-baik pelamar kerja..agar tidak boncos..

Usaha Gagal Karena tidak fokus

Jika anda menjalankan usaha sambil bekerja ikut orang.... maka ini adalah salah satu biang keladi kegagalan...saya juga pernah melakukanya.. bahkan sampai 2 kali, usaha saya gagal semua karena saya tidak fokus...

Saya menyerahkan usaha saya full pada karyawan, karena sistem belum bagus dan saya tidak fokus pada usaha,..ahirnya kualitas produk kurang terjamin, pelayanan jelek, catatan keuangan berantakan, dan ahrinya harus tutup usaha dengan banyak kerugian..

Usaha Gagal karena ada kompetitor yang lebih baik

Apakah anda tahu kaset tape?, mungkin saat ini sudah tidak ada lagi yang menggunakan pemutar musik legendaris ini.... kaset tape sudah tidak laku lagi karena sekarang handphone sudah bisa memutar musik langsung dari gengaman..
Hal ini juga berlaku dengan bisnis anda..jika ada kompetitor yang lain di daerah anda dan dia memberikan produk, harga, dan kualitas yang sangat bagus, maka konsumen anda akan pindah menjadi pelanggan kompetitor anda..

Pastikan produk dan pelayanan anda memiliki kualitas yang terbaik ya..agar tidak gagal lagi

Bisnis gagal karena kepribadian yang tidak cocok untuk berwirausaha

Mental dan kepribadian pengusaha berbeda dengan karywana,  untuk menjadi pengusaha dibutuhkan kepekaan terhadap kebutuhan konsumen, ketekunan dan kerja keras pantang menyerah..
.
Segera perbaiki diri anda jika anda mengalami hal ini, anda bisa membangun kepribadian dan mental pengusaha yang kuat dengan cara berkumpul dengan pengusaha lain, belajar dari pengusaha sukses meskipun hanya dari buku atau youtube, atau artikel yang anda baca ini..

Usaha seret karena banyak dosa

Mungkin hal ini terdengar tidak masuk akal,, masak gara-gara dosa rejeki jadi seret....ya jawabanya memang seperti itu, anda harus banyak banyak bertobat untuk semua dosa yang telah anda kerjakan dan berjanji untuk memperbaiki diri..
Berdoalan agar Alloh membuka jalan rizki anda,
Agar Alloh ridho dengan usaha anda dan memberikan rizki yang banya melalui usaha anda.

Usaha Bangkrut karena tidak bisa memasarkan barang

Ilmu memasarkan barang disebut juga dengan ilmu marketing, jika anda tidak tahu cara mendatangkan pembeli, maka pembeli yang datang juga akan sedikit..

Membuka usaha tanpa ilmu pengusaha, sama seperti melompat ke sungat tanpa tahu cara berenang.. cara mengatasi hal ini adalah degan terus belajar, baik dari pengalaman kegagalan usaha anda maupun dari orang lain yang lebih ahli dalam marketing.. . website ini adalah salah satu tempat yang bisa anda gunakan untuk belajar tenang ilmu marketing..



Itulah 13 alasan kenapa usaha selalu bangkrut dan cara bangkit untuk mensukseskan usaha selanjutnya.. semoga bermanfaat..

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter