Tips Meminjam Uang Keluarga Untuk Modal Usaha

Modal adalah hal pertama yang dipikirkan saat akan memulai usaha, namun apa jadinya jika ingin usaha namun tidak punya modal?... solusinya adalah menabung atau berhutang, dan hutang kepada anggota keluarga seperti Ibu, ayah, dan saudara adalah pilihan utama bagi banyak orang, karena mudah, tanpa jaminan dan tanpa bunga...Sayangnya hutang kepada keluarga sering malah menjauhkan persaudaraan ketika hutang tak kunjung terbayar..

Kali ini Ganbisnis akan membahas tips meminjam uang kepada keluarga anda sebagai modal usaha, agar tidak terjadi perselisihan saat usaha sukses besar atau bangkrut..
Langkah-langkahnya adalah:

Menentukan kepada siapa anda meminjam Modal

Yang pertama adalah anda harus menentukan anda akan meminjam uang kepada siapa, apakah pada orang tua anda, saudara kandung, pa,am atau tante, ataukan sepupu anda?

Anda bisa meminjam kepada orang yang paling dekat dengan anda.. yaitu orang tua anda, karena orang tua akan lebih ihlas jika terjadi apa-apa dengan modal yang anda pinjam, namun jangan menjadikan kebaikan hati orang tua sebagai senjata untuk mengeruk keuntungan anda sendiri..
Tetap hitung pinjaman modal anda kepada orang tua sebagai pinjaman yang wajib untuk dikenmbalikan tepat waktu., jika anda tidak dekat dengan orang tua anda, anda bisa meminjam kepada keluarga anda yang paling dekat dan paling sayang pada anda..

Pastikan keluarga anda tersebut memiliki dana nganggur yang tidak dipakai, jangan sampai anda meminjam uang yang akan dibutuhkan oleh keluarga anda tersebut... karena anda akan sering ditagih karena mereka butuh...selain itu keluarga anda akan tidak akan keberatan menunggu pembayaran anda dalam waktu yang lama..

Jelaskan tentang usaha anda

Setelah anda menentukan kepada siapa anda akan meminjam uang, anda bisa datang kepada keluarga anda tersebut dan mengungkapkan perihal kedatangan anda, yaitu meminjam uang untuk modal usaha..
Jelaskan usaha apa yang anda akan buka, cara anda mengatur keuangan dan potensi keuntungan usaha tersebut...agar keluarga anda tahu bahwa anda memiliki perencanaan usaha yang matang dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan modal yang dipinjam
Anda bisa mengeluarkan jurus memelas jika diperlukan agar keluarga anda tersebut mau meminjamkan modal usaha yang anda butuhkan.

Jelaskan resiko yang bisa terjadi


Jika keluarga anda setuju meminjamkan modal untuk anda, hal selanjutnya adalah menjelaskan tentang resiko yang bisa terjadi jika anda gagal dalam bisnis...
Jelaskan bahwa anda mungkin tidak bisa mengembalikan uang yang dipinjam jika usaha anda gagal, atau anda tetap akan membayar namun dengan jangka waktu yang panjang..

Pastikan keluarga anda mau merima kemungkinan resiko terburuk yang bisa terjadi, jika perlu anda bisa membuat surat pernyataan antara anda dan keluarga anda tersebut untuk penguatan.

Jelaskan kapan anda akan mengembalikan uang

Hutang harus dibayar...
Begitu juga hutang modal yang anda pinjam, anda harus menjelaskan kepada keluarga anda tentang kapan modal tersebut anda kembalikan, pastikan keluarga anda tidak keberatan jika harus menunggu lama pembayaran dari anda.

Yakinkan dia juga bahwa anda bisa dipercaya, dan mampu membayar..

Jika menolak, tawarkan investasi dengan keutungan dan resiko.

Jika keluarga anda tersebut menolak karena tidak menguntungkan bagi dia, anda bisa menawarkan kerja sama sebagai pemodal, dan dia berhak menerima pembagian keuntungan jika usaha tersebut sukses.

Selain potensi pendapatan, jelaskan juga tentang kemungkinan bangkrut dan dia bisa kehilangan modal yang ditanamkanya...

Negosiasikan berapa pembagian keuntungan yang anda tawarkan, dan buatlah surat perjanjian antara anda dan keluarga anda yang meminjami anda uang..

Berikan sedikit keutungan pada Pemberi pinjaman

Jika keluarga anda mau untuk meminjamkan uang kepada anda tanpa bunga, tanpa jaminan dan tanpa tempo...setidaknya berikan dia bagian keuntungan jika usaha anda berhasil, hal ini sebagai rasa terima kasih anda karena keluarga anda tersebut sudah mau membantu anda membangun usaha.

Kesimpulan

Dalam meminjam modal kepada keluarga, yang paling penting adalah rasa sayang mereka kepada anda, dan mereka tahu resiko apa yang bisa terjadi jika anda gagal dalam usaha..


Kesalahan banyak orang saat meminjam uang adalah menjanjikan keuntungan, menjanjikan kapan akan mengembalikan uang tanpa memberitahu resikonya...dan saat usaha anda gagal, atau anda tidak bisa mengembalikan uang karena suatu hal, mereka akan kecewa dan hubungan anda dan keluarga anda semakin merenggang.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter