cara memulai usaha roti bakar beserta modal dan analisanya

 cara memulai usaha roti bakar beserta modal dan analisanya

Roti bakar adalah salah satu makanan favorit Kebanyakan orang,  sangat nikmat apabila  dikonsumsi saat malam hari ketika dingin dingin nya.  usaha roti bakar adalah salah satu usaha yang cukup menguntungkan apabila   ditekuni dengan benar.

Untuk memulai usaha ini setidaknya Anda  harus melalui beberapa langkah, yaitu:


  •  merencanakan modal

  •  merencanakan  tentang apa saja yang harus dibutuhkan

  •  merencanakan di mana anda akan membuka usaha

  •  merencanakan Bagaimana anda akan menjual roti bakar anda

  •  merencanakan bagaimana agar pembeli bisa membeli lebih sering dan lebih banyak


Merencanakan modal usaha roti bakar


Untuk langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah merencanakan modal,  hal ini adalah hal yang cukup krusial bagi pengusaha pemula,  Anda bisa memilih menggunakan   modal sendiri,  atau   model orang lain.

Jika anda masih pemula,  Saya menyarankan agar anda menggunakan modal pribadi.  menggunakan modal pinjaman akan sangat beresiko bagi anda,  karena usaha anda masih baru dan belum bisa berjalan dengan baik.

Lalu Bagaimana jika modalnya kurang?


Jika anda kurang Anda bisa menjual aset anda,  seperti motor yang tidak terpakai atau handphone.  namun jika Anda sudah harus membuka usaha sedangkan modalnya belum ada Anda bisa meminjam nya  pada orangtua atau teman Anda.  jangan meminjam di bank

 Lalu berapa yang dibutuhkan untuk membuka roti bakar?


Modal yang dibutuhkan tergantung seberapa besar usaha yang ingin anda buka,  jika anda hanya buka usaha roti bakar dengan ukuran sedang,  anda hanya perlu modal sejumlah  10 juta Rupiah saja :

Gerobak Rp5.000.000

Peralatan memasak Rp3.000.000

Modal Pembelian bahan Rp1.000.000

Biaya lain-lain Rp1.000.000

Biaya di atas bisa lebih sedikit atau lebih banyak,  tergantung di mana Anda membeli barangnya dan kondisi barang yang Anda beli,  Jika Anda membeli  gerobak bekas,  mungkin Anda bisa  mendapatkannya dengan harga  Rp3.000.000 saja.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuka usaha roti bakar

Hal-hal yang anda butuhkan pertama  adalah peralatan seperti gerobak,  peralatan masak,  dan juga bahan dasar roti bakar.

Setelah anda memiliki memiliki barang-barang di atas,  yang anda butuhkan selanjutnya adalah resep yang enak.  berbeda dengan kuliner lain,  rasa enak roti bakar itu tergantung dari roti yang Anda gunakan dan selai sebagai perasanya.

Untuk rasa yang maksimal,  pastikan anda memakai roti dengan kualitas terbaik dan selai dengan kualitas yang terbaik juga.

Kemampuan memanggang roti juga harus anda kuasai,  agar anda bisa memasak roti bakar dengan maksimal,  tidak terlalu gosong dan juga tidak terlalu mentah.

Yang anda butuhkan selanjutnya adalah  tempat untuk berjualan dan cara menarik konsumen  agar datang membeli.


Memilih tempat yang cocok untuk berjualan roti bakar


Memilih tempat usaha sama seperti memilih pasangan hidup,  anda tidak bisa sembarangan memilih,  sekali saja anda salah memilih tempat hasilnya akan sangat jelek,  kecuali Anda memiliki kemampuan pemasaran yang bagus.

Namun jika Anda masih pemula,  usahakan untuk mencari tempat yang strategis bagi usaha roti bakar.  cara memilih   tempat untuk usaha adalah dengan cara:


Memilih tempat dengan kepadatan penduduk tinggi


Usahakan untuk memilih tempat yang banyak rumah di sana,  bisa di sekitar perumahan atau di daerah pertokoan yang ramai.  semakin padat penduduk  di tempat tersebut  maka kemungkinan orang mengenal dan mengetahui usaha anda akan semakin besar.

Jika banner dan tampilan usaha Anda menarik,  penduduk yang tinggal di sana dan mengetahui usaha anda pasti akan mampir untuk  mencoba.  kabar baiknya,  semakin banyak orang yang mencoba roti bakar anda maka semakin banyak pula orang yang akan menjadi pelanggan anda.

Untuk mengetahui apakah  suatu lokasi memiliki kepadatan penduduk yang tinggi,  Anda bisa menggunakan Google Maps.  caranya adalah :


  1. Buka Google Maps
  2. Cari lokasi yang anda inginkan
  3. Setting Google Maps menjadi tampilan satelit
  4. Kemudian cek di sekitar lokasi tersebut,  Apakah ada banyak rumah di sana dengan kepadatan yang tinggi.


Jika iya,  maka anda bisa memakai lokasi  tersebut sebagai lokasi usaha roti bakar anda.

Memilih tempat  di jalan yang ramai


Usahakan untuk mencari tempat di pinggir jalan raya yang ramai,  dengan catatan kendaraan yang lewat tidak melaju dengan kecepatan yang tinggi,  dan bukan Jalan searah.

Contoh tempat dengan traffic yang ramai dan tidak melaju cepat adalah di sekitar pasar dan di sekitar alun-alun.  Carilah tempat yang seperti itu.


Memilih tempat yang terlihat dari jalan


Pilihlah tempat yang bisa terlihat dengan jelas oleh orang yang melalui jalan didepan tempat usaha anda, jika tempat usaha anda tidak terlihat maka orang tidak akan tahu anda sedang berjualan roti bakar.

Semakin banyak orang yang tahu lokasi anda,  maka akan semakin banyak pula orang yang akan membeli.

Memilih tempat di sekitar target market


Target market adalah orang yang suka memakan roti bakar,  roti bakar biasanya dibeli oleh orang yang berumur diatas 20 tahun.  karena orang dengan umur segitu sudah memiliki pendapatan sendiri yang cukup untuk membeli roti bakar.

Orang-orang yang sudah berkeluarga juga termasuk target market yang tepat.

Anda bisa memilih tempat di dekat perkampungan,  atau di  dekat pabrik dan perusahaan.

Merencanakan Bagaimana anda menjual roti bakar anda

 cara memulai usaha roti bakar beserta modal dan analisanya

Bagaimana anda menjual roti bakar?

Apakah anda hanya duduk di pinggir jalan menunggu pembeli datang?

Atau anda akan berusaha mempromosikan roti bakar Anda ke banyak orang?

Jika Anda memilih pilihan pertama,  yaitu duduk menunggu..  anda tidak sepenuhnya salah karena itu hak anda..

Namun jika boleh memberi saran,  daripada Anda duduk saja di pinggir jalan menunggu pembeli,  anda bisa  membuka handphone anda dan mempromosikan roti bakar Anda ke sosial media yang anda miliki.

Bayangkan jika sekali posting ada 100 orang yang membaca,  jika memposting sehari dua kali  maka dalam satu bulan ada 6000 orang yang tahu tentang usaha anda.  lumayan bukan?

Bayangkan Jika 1% saja membeli roti bakar anda,  Berarti ada 60 orang yang membeli hanya karena anda memposting dua kali sehari di sosial media.

Anda tidak butuh waktu banyak untuk melakukan hal ini,  hanya perlu waktu  5 menit perhari saja.

Selain menggunakan sosial media sebagai media promosi,  Anda juga bisa menggunakan banner berukuran besar untuk memancing perhatian orang yang lewat di depan tempat usaha anda.

Terbukti,  usaha yang memiliki banner besar dan menarik lebih diperhatikan orang daripada tempat usaha yang tidak memiliki banner.  Anda bisa membuat 3   atau 4 banner sekaligus berukuran 2 meter,  di panjang di kanan kiri tempat usaha anda.

Tulislah   di  banner anda tentang kelebihan roti bakar  yang Anda jual,  berikan foto semenarik mungkin sehingga orang tergiur untuk mencobanya.

Soal tes dan ukur usaha yang anda lakukan untuk menarik pengunjung,  jika banner tersebut tidak bisa mendatangkan banyak pengunjung,  Anda bisa mengganti tulisan atau gambar di Banner anda dengan penawaran yang lebih menarik.

Merencanakan bagaimana agar pembeli membeli lebih sering dan lebih banyak


Jika saya boleh bertanya,  Apa alasan orang untuk membeli kembali roti bakar yang anda buat?

Apakah karena rasanya?  ataukah karena harganya yang murah?  ataukah karena tempat  usaha anda yang mudah dijangkau?  atau karena pembeli merasa nyaman dengan pelayanan anda?

Jika anda bisa menjawab hal tersebut,  Insya Allah  Anda akan menemukan Bagaimana cara agar mereka bisa membeli kembali di tempat anda...

Usahakan untuk memberikan roti bakar dengan kualitas dan rasa yang enak,  pelayanan yang memuaskan,  ramah dan cepat.  dan anda berada di tempat yang strategis dekat dengan target market.

Jika anda melakukan hal di atas,  Maka insya Allah  orang yang  mencoba roti bakar anda akan menjadi pelanggan Setia anda.

Membuat pelanggan belanja lebih banyak


Agar orang bisa membeli lebih banyak  Anda bisa memberikan promo beli 3 gratis 1,  atau promo lain seperti beli 3  porsi roti bakar dapat potongan harga yang cukup besar.

Untuk promo Anda bisa menyesuaikan dengan  margin anda,  usahakan anda mendapatkan untung lebih besar daripada menjual 1  porsi saja.

Kesimpulan


Untuk membuka usaha roti bakar,  Anda memerlukan modal 10 juta  Rupiah,  saat memulai usaha usahakan memilih tempat yang strategis,  rasa roti bakar yang enak,  dan pelayanan yang memuaskan.

Dan yang lebih penting lagi Anda harus melakukan promosi baik secara online maupun offline.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter