Tips Usaha Angkringan : Modal, Analisa, Resiko


Tips Usaha Angkringan : Modal, Analisa, Resiko

Modal, analisa, konsep usaha angkringan ~,  Usaha angkringan adalah usaha yang sangat cocok bagi pemula, karena tidak butuh modal banyak, resiko rendah, dan konsepnya juga simpel...yang paling anda butuhkan adalah strategi dan desain angkringan yang unik..
lalu.. apa saja keuntungan jika anda memulai usaha angkringan ini..?
Mudah : sangat mudah untuk memulai, yang anda butuhkan hanyalah gerobak, kompor, panci, peralatan makan, dan barang dagangan...dan jika usaha anda sepi, anda bisa memindah tempat usaha anda ke tempat yang lebih ramai dengan mudah.
Murah : untuk memulai usaha ini, modalnya tidak sampai 7 juta, bahkan jika anda bisa mendapatkan gerobak dengan harga murah, modal anda tidak sampai 5 juta.
Keuntungan tinggi : hal utama yang dijual di angkringan adalah minuman yang margin keuntunganya bisa lebih dari 100%.  Selain itu, jika ada yang menitipkan daganganya di angkringan anda, anda tidak perlu banyak mengeluarkan modal usaha.

Lalu berapakah modal yang harus anda keluarkan untuk memulai bisnis ini, dan  apa saja yang harus dibeli.

Modal Pertama buka angkringan

Peralatan
Gerobak...............................Rp. 5.000.000
Kompor................................Rp. 200.000
Panci+gelas, piring sendok..Rp. 200.000
Meja kecil 3.........................Rp. 140.000
Tikar/Karpet........................Rp. 200.000
Total .................................Rp. 5.700.000

Dagangan
Minuman instant..............Rp. 100.000
Mie Instant......................Rp. 80.000
Cemilan..........................Rp. 100.000
Gorengan .......................Rp. 70.000
Total.....................Rp. 350.000

Biaya operasional perbulan
Listrik......................Rp. 70.000
Gas..........................Rp. 150.000
Sewa lahan..............Rp. 50.000
Total.....................Rp. 270.000

Total modal awal....Rp.  6.320.000

Analisa Keuntungan
Penjualan per hari ...........Rp. 300.000
Margin keuntungan rata-rata 40%
Omset perbulan ...............Rp. 9.000.000
Keuntungan kotor............Rp. 3.600.000
Keutungan Bersih (setelah dikurangi biaya operasional)..Rp. 3.330.000
Balik modal ........ 2 Bulan

Analisa Usaha dan cara agar usaha ramai

Usaha angkringan harus direncanakan dengan baik jika ingin mendapatkan untung yang maksimal, ada beberapa hal yang harus di perhatikan diataranya adalah:
  • -Analisa Usaha Angkringan
  • -Analisa Resiko Usaha Angkringan
  • -Analisa dan Perencanaan Modal
  • -Analisa Lokasi Angkringan yang ramai
  • -Analisa kompetitor
  • -Menyusun Strategi Agar ramai
  • -Eksekusi


Setidaknya ada 6 langkah yang harus anda lakukan untuk bisa membuat usaha angkringan yang sukses.. dan jika anda melakukan hal diatas dengan benar insyaAlloh usaha anda akan bisa sukses dengan besar, yang paling penting adalah analisa lokasi dan strategi agar ramai.

Analisa usaha angkringan

Sebelum anda memulai usaha angkringan, anda harus benar-benar yakin untuk membuka usaha ini,, pikirkan dulu, apakah anda usaha lain yang mungkin lebih mudah dan lebih menjanjikan..

Jika anda memiliki skill di bidang tertentu, apakah anda bisa menjadikan skill tersebut menjadi penghasilan, jika anda sudah memikirkan semuanya dan paham tentang resikonya, maka anda bisa melanjutkan untuk membuka usaha angkringan ini..

 
Analisa Resiko Usaha Angkringan

Jika anda membuka usaha dengan modal Rp. 7.000.000 dan anda harus menutup angkringan anda, setidaknya anda masih bisa menjual kembali usaha anda kepada orang lain, tentu saja dengan harga yang berbeda..jika dikurangi biaya penyusutan, mungkin anda masih bisa menjual semua perlengkapan bekas anda dengan nominal Rp. 4.000.000 sampai Rp. 5.000.000 tergantung kondisi..

Jadi jika anda bangkrutpun, anda hanya kehilangan modal Rp. 2.000.000, itu jika anda tidak bisa menjual satupun dagangan.. namun jika anda bisa menjual selama beberapa waktu, tentunya anda tidak mengalami kerugian yang berarti..

Itulah kenapa usaha ini lumayan murah dan minim resiko

Analisa dan Perencanaan Permodalan

Saat anda akan membuka usaha ini, pasti anda membutuhkan modal setidaknya Rp. 7.000.000, pertanyaanya apkah anda sudah memiliki modal ini?

Jika belum, dari mana anda akan mencari modal tersebut,? Apakah dari menabung? Atau dari investor? Atau hutang keluarga? Atau hutang Bank?

Jika harus menyarankan pada anda, anda harus menghindari modal dari Bank atau rentenir, karena anda harus membayar bunga dan ada cicilan yang harus dibayar setiap bulanya..

Jika memang anda tidak memiliki modal sama sekali dan harus membuka usaha, anda bisa memminjam uang dari keluarga ataupun dari teman, tentu saja harus dengan cara yang tepat, agar tidak terjadi kerenggangan hubungan antara anda dan merekan jika terjadin sesuatu yang tidak diinginkan.


Yang saya paling rekomendasikan adalah dengan menabung atau menjual aset yang anda miliki, jika anda adalah karyawan, anda bisa menyisihkan sebagian dari gaji anda setiap bulan hingga mencapai Rp. 7.000.000 yang cukup untuk membuka usaha angkringan ini

Dan jika anda berniat menjual aset anda, anda bisa menjual aset yang tidak begitu anda perlukan, misalnya anda memiliki motor seharga Rp. 30.000.000, anda bisa menjualnya dan membeli motor yang lebih murah, dan sisa uangnya bisa anda gunakan untuk membangun usaha angkringan tersebut.

Analisa Lokasi Usaha Angkringan

Tips Usaha Angkringan : Modal, Analisa, Resiko

Salah satu hal paling penting dalam memulai sebuah usaha angkringan adalah tempat yang strategis..ada beberapa langkah yang bisa anda pakai untuk mendapatkan tempat strategis ini....

Apakah berada di pinggir jalan raya?
Carilah tempat yang berada di pinggir jalan raya, karena ini akan memudahkan orang untuk melihat dan mampir ke angkringan anda. pastikan mudah dilihat dari jalan ya..

Apakah memiliki tempat parkir yang cukup?
Hal selanjutnya adalah tempat parkir dan tempat nongkrong, anda harus memilih tempat yang memiliki lahan kosong yang bisa menampung setidaknya 20 orang, agar anda bisa memaksimalkan usaha anda, dan jika perlu anda bisa mencari tempat yang lebih luas...

Anda bisa memakai trotoar atau lahan didepan toko yang sudah tutup untuk memulai usaha ini, oh  iya, ijinlah pada pemilik tempat dan tanyakan apakah anda bisa menyewa listrik di tempat tersebut.

Apakah kendaraan di jalan berjalan dengan kecepatan tinggi?
Meskipun anda mencari tempat yang luas, terlihat, dan ada di pinggir jalan, ternyata kecepatan kendaraan yang lewat pun harus diperhitungkan, jika kendaraan yang lewat memiliki kecepatan tinggi, maka mereka tidak akan melihat usaha anda dan otomatis usaha angkringan anda akan lebih sepi..

Usahakan untuk memilih tempat yang kendaraanya tidak melaju dengan cepat, jika bisa pilihlah tempat yang agak macet, hal ini akan mempermudah mereka untuk melihat ke arah usaha anda.

Apakah tempatnya dekat dengan tempat umum?
Hal selanjutnya adalah apakah tempat yang anda pilih dekat dengan tempat umum seperti kampus, sekolah, pasar, atau pabrik, jika bisa carilah tempat yang dekat dengan kampus yang banyak mahasiswa laki-lakinya karena mereka suka nongkrong bareng teman, atau yang dekat dengan pasar.

Jika anda sudah memilih tempat, anda bisa melakukan hal selanjutnya yaitu

Analisa Kompetitor Usaha Angkringan

Selanjutnya adalah anda harus melihat siapa saja kompetitor yang ada disana, jika disana ada banyak orang berjualan kuliner dan ramai, maka itu berarti lokasi tersebut sangat berpotensi untuk usaha anda..

Jika disana sudah ada angkringan dalam jumlah yang banyak dan memiliki kelebihan yang banyak dan anda yakin bisa bersaing, anda bisa menempati tempat tersebut,

Jika angkringan yang ada disana semuanya sepi, anda bisa mencari tempat lain yang lebih ramai...
Kompetitor disini bisa dijadikan sebagai sinyal bahwa tempat tersebut memiliki potensi yang bagus..

Menyusun strategi agar angkringan ramai

nah, hal ini tidak kalah penting, menyusun rencana agar usaha anda ramai...

saat membuka usaha, jangan hanya berdiam diri menunggu pelanggan datang, anda harus lebih aktif mempromosikan usaha anda agar semakin banyak orang tahu tentang usaha angkringan anda..

lalu bagaimana strategi agar angkringan ramai?
Pada dasarnya usaha angkringan tidak sama seperti warung bakso atau warung mie ayam, jika anda ingin meramaikanya, anda harus memiliki tempat yang strategis dan nyaman, dan juga harus dekat dengan konsumen...
Langkah pertama, tarik perhatian calon konsumen agar mau datang
Langkah kedua, buat mereka merasa lebih nyaman berada di angkringan anda daripada di angkringan lain.

Cara menarik pengunjung untuk datang

Anda bisa membuat sebuat acara yang melibatkan remaja laki-laki seperti mengadakan lomba game, atau nonton bareng, anda juga bisa menarik konsumen datang dengan memasang banner yang banyak di sepanjang jalan.
Atau anda bisa memberikan promo saat membuka usaha anda.. dan pastikan pelayanan dan kualitas dagangan anda bagus ya saat promo, karena jika jelek pembeli tidak akan datang lagi..
Anda bisa juga memberikan diskon spesial untuk kelompok tertentu, misalkan club motor agar mereka bisa menjadikan angkringan anda menjadi basecamp.. setelah mereka betah, anda bisa menarik diskon anda.

Cara membuat pengunjung nyaman

Jika anda ingin memiliki pelanggan yang loyal kepada anda, anda harus membuat mereka nyaman berada di angkringan anda. anda bisa membuat mereka nyaman dengan menjadi ramah dan bersahabat.

Pastikan anda memperhatikan benar-benar kepuasan pelanggan, ketika anda memerikan kualitas terbaik, maka uang otomatis akan masuk ke kantong anda..


Kesimpulan

usaha angkringan adalah usaha dengan resiko yang kecil, namun harus direncanakan dengan baik agar anda bisa membuat usaha yang bertahan lama..

Itulah tips memulai usaha angkringan, lengkap dengan modal, resiko, analisa, beserta cara memasarkan angkringanya semoga bermanfaat


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter