Tips Memulai usaha bakso Sapi : Modal, Analisa, Resep

Tips Memulai usaha bakso Sapi : Modal, Analisa, Resep

Modal, Analisa, dan Resep usaha bakso sapi ~, bisnis bakso sapi adalah salah satu bisnis yang paling laris di indonesia, karena modal yang digunakan tidak begitu banyak, dan memiliki peluang berhasil yang cukup besar, itulah kenapa banyak orang mencoba jualan bakso...anda bisa memulai usaha bakso dengan resep dan merek anda sendiri, ataupun dengan cara membeli franchise/waralaba. Sudah banyak orang yang sukses dari usaha ini.

Kali ini Ganbisnis akan membahas tentang cara sukses memulai usaha bakso sapi, berapa modal yang anda butuhkan, resep bakso untuk usaha dan analisa usaha bakso sapi.
Dimulai dari...

Modal Usaha bakso Sapi

Ada 2 cara membiayai bisnis bakso sapi, yang pertama adalah dengan menggunakan modal pribadi, dan yang ke 2 adalah menggunakan modal orang lain..

Saya lebih suka jika anda menggunakan modal sendiri jika masih mengawali usaha, karena jika ada kerugian anda hanya akan kehilangan modal anda sendiri, dan satu lagi, jangan berhutang untuk modal usaha, apalagi menggunakan hutang bank.

Karena jika usaha anda tidak berjalan dengan baik, anda bisa kebingungan membayar cicilan bank..dan malah tidak fokus untuk berbisnis.

Namun jika anda sudah bisa mengatur keuangan dan biasa berbisnis, anda bisa memulai usaha ini dengan modal dari investor...dalam perjanjian pun investor harus tahu bahwa dalam bisnis bakso ada kemungkinan rugi, sehingga investor siap untung dan sekaligus siap rugi.

Lalu berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha bakso sapi?

Jawabanya adalah tergantung sebesar apa usaha yang ingin anda bangun, jika anda hanya ingin menjual bakso dalam kemasan secara online, anda hanya membutuhkan modal dibawah Rp. 200.000.

Namun jika anda menginginkan usaha dengan tempat/warung fisik, minimal anda harus menyiapkan modal Rp. 10.000.000 hingga Rp. 15.000.000,

Rincian Modal Bakso Sapi

Lalu modal Rp. 10.000.000 untuk apa saja?
Sewa Tempat              Rp. 5.000.000
Beli peralatan dapur    Rp. 1.000.000
Beli Gerobak Bakso    Rp. 1.500.000 (bekas)
Beli Meja Kursi           Rp. 1.000.000
Lain-lain                      Rp. 1.500.000
Modal Bahan              Rp. 500.000

Sebenarnya itu adalah biaya minimal yang bisa anda keluarkan, hal ini bisa lebih tinggi atau lebih rendah, jangan memaksakan diri untuk membeli perabotan baru, anda bisa membeli perabotan bekas yang masih bagus jika ingin menekan modal awal buka usaha.

Analisa Usaha Bakso Sapi

Sebenarnya pendapatan usaha bakso sapi tergatung beberapa faktor, yaitu
Lokasi : seberapa bagus lokasi anda, muda dijangkau pembeli atau tidak, bersih atau kotor, terlihat dari jalan atau tidak, masuk ke dalam gang atau dipinggir jalan, mencolok atau tidak, baca juga : cara tepat memilih lokasi usaha

Rasa : rasa bakso anda enak atau tidak, amis atau tidak, apakah bisa membuat ketagihan atau malah orang kecewa saat mengkonsumsi bakso sapi anda?

Promosi : apakah anda sudah mempromosikan usaha anda secara offline ataupun online? Ataukah anda hanya memasang banner di depan warung dan diam, berharap ada orang yang datang membeli bakso sapi anda?

Pelayanan : apakah pelayanan anda baik, ataukah anda bersikap kurang baik pada pelanggan

Keuntungan per porsi : berapa banyak kah keuntungan yang anda dapatkan dari setiap porsi yang anda jual,

Jumlah Pembelian : berapa porsi Bakso sapi yang anda jual setiap harinya

Pengeluaran : berapa pengeluaran yang anda harus bayar

Misalkan warung bakso anda ada di lokasi yang strategis, memiliki rasa yang enak, pelayanan memuaskan dan promosi yang brutal, maka analisa keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah berikut..:
Harga Bakso               Rp. 7.000 keuntungan Rp. 3.000
Harga Es Teh              Rp. 3.000 Keuntungan Rp. 2.000
Pembelian rata-rata perhari  : 50 porsi
Pengeluaran listrik, gas, dll perbulan : Rp. 500.000

Maka dapat diketahui analisa Keuntungan Bakso sapi anda =
Omset perbulan = Rp. 15.000.000
kentungan kotor = Rp. 7.500.000
Keuntungan bersih = Rp. 7.000.000

Analisa ini hanya perkiraan, keuntungan usaha bakso anda bisa lebih kecil atau malah jauh lebih besar, tergatung beberapa faktor diatas..jadi yang paling penting adalah Banyaknya pembeli bakso sapi anda

Resep Bakso Sapi Untuk Usaha

Tak bisa dipungkiri bahwa rasa bakso yang enak adalah penentu sukses tidaknya usaha bakso anda, jadi sebisa mungkin anda harus memiliki resep bakso yang super enak melebihi warung bakso lain..
Anda bisa mendapatkan resep bakso terbaik dengan cara :
  • Membeli resep terbaik
  • Belajar sendiri
  • Membeli franchise Bakso

Terserah anda mau pilih yang mana, namun yang pasti rasa bakso sapinya harus enak..  oh iya, untuk membuat bakso yang enak, salah satunya adalah dengan memperbanyak porsi daging dalam bakso, jika bakso biasa 1kg daging sapi bisa jadi 120-150 butir bakso, anda bisa membuatnya menjadi 80-90 butir bakso per 1 kg daging.

Jika anda harga daging sapi terlalu mahal, anda bisa menambahkan daging ayam sebagai tambahan, namun ingat.... rasa daging sapi harus tetap dominan.

Saya memiliki tetangga pemiliki usaha bakso yang cukup sukses, dia bisa menjual ratusan porsi setiap hari dengan harga bakso per porsi Rp. 7.000-Rp.8.000, saya tidak pernah melihat dia mempromosikan usahanya, namun lidah pembeli tidak bisa berbohong..

baca juga : cara meningkatkan penjualan

Warung bakso tetangga saya memiliki rasa yang lebih enak daripada warung bakso yang lain.
Jika anda masih bingung bagaimana cara membuat bakso, anda bisa menonton video dibawah ini

video resep bakso sapi kenyal


Franchise Bakso Yang Bisa anda Pilih

Jika anda tidak ingin ribet dalam persiapan dan pembuatan resep, anda bisa membeli franchise/waralaba bakso,.. jika anda membeli waralaba ini, anda hanya perlu menyiapkan perlengkapan, tempat, dan sarana promosi saja.. untuk sistem manajemen usaha bakso dan resep sudah disiapkan oleh pihak franchise..

Beberapa franchise bakso yang bisa anda beli adalah :

Franchise Bakso Kaget

analisa modal franchise waralaba bakso sapi

jika anda berniat untuk membeli franchise ini, anda membutuhkan dana sekitar 27,5juta, bakso kaget ini  memiliki 8 varian rasa dan pembeli tidak tahu mana yang akan didapat...konsepnya adalah dengan mengagetkan pembeli jika tidak sengaja mendapat bakso granat dengan cabe yang super pedas..
Selanjutnya, kemasan bakso granat adalah kemasan sekali pakai berbentuk unik, karena kemasanya bisa dibawa kemana-mana, pembeli bisa memakanya sambil berjalan-jalan...(tapi lebih baik sambil duduk ya makanya...)

Bakso Benhil

untuk membeli franchise ini, anda hanya perlu membayar senilai 4 juta rupiah, dalam pembelian franchise anda juga mendapatkan bahan baku bakso sejumlah 500-600 porsi, selain itu, anda sudah bisa memakai nama bakso Benhil sebagai nama usaha bakso sapi anda

 
Bagaimana Cara Agar Usaha Bakso Laris

Ada banyak cara meramaikan usaha bakso, jika anda punya modal yang banyak, anda bisa meniru cara yang digunakan oleh “Bakso Kemon
Pemilik bakso kemon adalah mas berto saksono jati, dia adalah pakar pemasaran internet, dia menggunakan menggunakan facebook, instagram, website, dan youtube sebagai sarana pemasaran..dan hasilnya luar biasa.. baksonya ramai luar biasa... dan bakso kemon telah di review oleh youtuber-youtuber makanan terkenal di indonesia..

Jika anda berminat menggunakan cara ini, anda bisa melihat : cara pemasaranonline melalui facebook, ig dan website

Hal lain yang bisa anda gunakana adalah sering-sering mempromosikan usaha anda di sosial media, dan harus menggunakan foto yang bagus ya..
Atau anda bisa juga membuat event atau lomba untuk menarik pembeli, namun cara ini cukup ribet jika anda tidak terbiasa melakukanya.

baca juga : kenapa usaha sepi, dan cara mengatasinya

Kesimpulan

Usaha  Bakso sapi adalah salah satu peluang yang menguntungkan jika anda bisa mengelolanya dengan baik, untuk memulainya anda bisa membangun brand bakso sapi anda sendiri atau anda bisa membeli franchise bakso.

Hal terpenting dalam bisnis bakso adalah rasa, lokasi, dan cara anda memasarkan usaha bakso sapi anda.












Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter