Cara Memulai Usaha Ayam Bakar dan Membuatnya Ramai Tidak Karuan

Cara Memulai Usaha Ayam Bakar dan Membuatnya Ramai Tidak Karuan


Apakah anda ingin punya usaha ayam bakar yang laris dan beromset besar?, jika iya maka anda beruntung telah membaca ini. setelah anda menyelesaikan artikel ini anda akan bisa membuka usaha warung ayam bakar yang bisa menghasilkan lebih dari 5 juta setiap bulanya. Atau bahkan bisa lebih, tergantung usaha anda.



Ayam adalah salah satu makan favorit orang indonesia, banyak olahan ayam yang bisa didapatkan di sekitar rumah, mulai ayam geprek, ayam goreng kentucky, dan olahan lainya..itulah kenapa usaha olahan ayam sangat marak.

Salah satu olahan ayam favorit adalah ayam bakar, mungkin tidak sefavorit ayam goreng atau ayam geprek, namun ayam bakar adalah salah satu primadona di indonesia.

Lalu bagaimana cara memulai usaha ayam bakar agar ramai sejak hari pertama buka?

Beberapa waktu yang lalu saya sempat membuka warung ayam bakar di jombang, dan alhamdulilah dagangan saya langsung habis di hari pertama saya membuka warung. Bahkan sebelum saya buka, sudah ada orang yang mengantri untuk membeli.

Namun warung ayam bakar ini tidak berjalan lama karena saya sering tutup dan tidak terurus dan istri sedang hamil besar, jadi lebih baik menutup warung.

Namun saya akan share cara saya meramaikan usaha saya beserta apa saja hal yang harus anda perhatikan agar usaha anda maju dan laris.

Adapun langkah yang harus anda lakukan adalah

1.      Menentukan modal anda
2.      Menentukan tempat usaha
3.      Menentukan apa saja yang dijual
4.      Menentukan bagaimana cara menarik pembeli
5.      Menentukan cara agar usaha tetap eksis

Cara ini adalah cara paling simpel yang saya gunakan saat itu,  meskipun saya juga melakukan banyak kesalahan saat membuka usaha. Oke tanpa basa basi,, langsung saja menuju ke langkah pertama

Menentukan Modal Usaha Warung Ayam bakar

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah menentukan modal, karena untuk memulai usaha ayam bakar anda membutuhkan peralatan, tempat, juga modal untuk membeli bahan baku seperti beras, ayam dan bumbu..

Lalu berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk membuka usaha ayam bakar ini..?

Saat saya memulai usaha saya dulu, saya hanya membutuhkan modal sekitar Rp. 1.000.000 saja, karena saya sudah memiliki tempat, meja dan kursi dan kulkas,

uang 1 juta tersebut saya gunakan untuk membeli kompor, pemanggang, piring dan gelas, banner dan perabotan lainya.

namun hal ini tergantung ya, jika anda belum memiliki tempat, atau tempat anda kurang strategis maka anda membutuhkan lebih banyak modal..

perkiraan modal yang anda butuhkan untuk membuka warung ayam bakar skala kecil adalah sekitar 10 juta, itu sudah termasuk sewa tempat, perabotan dan ongkos promosi. Dengan rincian

sewa tempat : Rp. 5.000.000
Beli meja kursi : Rp. 1.500.000
Beli kulkas bekas : Rp. 500.000
Beli peralatan dapur : Rp. 1.500.000
Beli bahan baku : Rp. 500.000
Biaya promosi Rp. 500.000
Biaya lain-lain : Rp. 500.000

ini hanya perkiraan, bisa menyesuaikan dengan kondisi anda.. oh iya, saat belanja peralatan anda tidak perlu membeli peralatan baru, jika anda ingin menekan modal anda bisa membeli barang bekas yang kondisinya masih baik, seperti kulkas, ricecooker, kompor, dan meja kursi untuk pembeli.

Dengan membeli barang bekas, anda bisa menekan modal awal, sehingga anda bisa balik modal dengan lebih cepat. Selain itu mungkin modal anda akan sisa yang bisa anda gunakan untuk keperluan lain-lain.

Saya tidak punya modal, apakah bisa membuka warung ayam bakar?

Jawabanya adalah sangat bisa, saya bahkan dulu pernah membuka cafe tanpa modal,..hanya modal bensin untuk kesana kemari mengurus tempat dan belanja..

Caranya adalah dengan mencari pemodal, anda bisa menawarkan kerja sama dengan teman atau keluarga anda untuk memulai usaha ini. namun saya tidak menyarankan hal ini jika anda masih pemula.

Karena jika terjadi apa-apa dengan usaha anda, pemodal anda pasti mengalami kerugian dan hubungan anda dengan pemodal akan menjadi renggang. (hal ini saya alami)

Kecuali pemodal anda mau menanggung resiko yang mungkin akan terjadi.

Anda bisa juga meminjam modal dari bank untuk mendapatkan modal usaha, namun hal ini juga sama sekali tidak saya sarankan.. karena anda akan tertekan dengan cicilan setiap bulan hingga anda tidak bisa fokus berjualan.. saya pernah mengalami hal ini juga, hanya saja saya tidak meminjam modal bank, saya meminjam ke seorang teman dengan bunga yang lumayan tinggi.

Lalu bagaimana mencari modal yang bagus untuk usaha?
Modal yang bagus adalah modal sendiri, jika anda tidak memiliki cukup uang, anda bisa menabung terlebih dahulu atau anda bisa mencoba bisnis dengan modal kecil. Seperti berjualan jasa, dropship, atau berjualan MLM,


Jika anda sudah paham, anda bisa melanjutkan ke langkah ke dua

Cara Menentukan Lokasi Usaha Warung Ayam Bakar

Lokasi usaha adah sesuatu yang vital untuk usaha offline...

Kesalahan dalam memilih lokasi usaha bisa berakibat usaha anda tidak laku, atau bisa laku lalu tidak ada orang yang kembali karena lokasi anda terlalu jauh dari tempat mereka.

Ciri-ciri lokasi yang strategis adalah:
-          Dekat dengan jalan raya
-          Di tempat yang padat penduduk/target market
-          Mudah dijangkau
-          Memiliki tempat parkir yang cukup
-          Bisa dilihat dengan jelas dari jalan
-          Memiliki lalu lintas jalan yang ramai namun bukan jalur cepat.

hal diatas adalah ciri lokasi yang bagus..

namun jika anda tidak bisa mendapatkan tempat seperti itu, entah karena tidak ada atau uang anda tidak cukup untuk menyewa, maka fokuskanlah pada lokasi yang dekat dengan penduduk/target market.

Usaha anda adalah usaha ayam bakar yang biasanya dibeli kebanyakan oleh orang dewasa, terutama ibu-ibu dengan keluarganya..

Untuk itu usahakan untuk memilih tempat di pemukiman padat penduduk. Untuk mendapatkan tempat yang tepat anda bisa mencari 10 tempat yang strategis, kemudian pilihlah yang paling bagus dengan harga sewa yang rendah.

Jika anda sudah memiliki tempat, ya pakai tempat anda sendiri, namun jika tempat anda tidak strategis, anda bisa mencari tempat yang lebih strategis.

Anda bisa mengecek kepadatan penduduk di suatu daerah dengan melihat google map versi satelit, caranya buka google map, pilih tampilan satelit.. kemudian cari tempat pilihan anda.



Setelah itu, cek berapa padat perumaha di sekitar lokasi tersebut, usahakan menghindari lokasi yang tidak padat ya..

Selelah anda mendapatkan tempat yang cocok anda bisa melanjutkan menuju langkah selanjutnya yaitu :

Cara Merencanakan Menu Di Warung Ayam Bakar Anda

namanaya warung ayam bakar ya pasti jualan ayam bakar...

Hmm..jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal,maka jangan menjual hanya satu macam ayam bakar saja..

Anda bisa membuat 3 farian ayam bakar, yaitu ayam bakar hemat, ayam bakar sedang dan ayam bakar jumbo..

Dengan menjual ayam bakar murah, anda bisa menarik pembeli dengan pikiran ekonomis yang suka barang murah dan enak... namun asal anda tahu, tidak semua orang menyukai makanan murah..

Saya mendapat ilmu ini dari Rocket chiken, dia menjual beberapa menu ayam dari yang murah hingga yang mahal..

Menu murah digunakan untuk menarik pembeli, dan menu yang agak mahal digunakan untuk menarik orang yang tidak suka barang murah..

Ketika saya membuka warung ayam bakar waktu itu, banyak kok yang malah lebih memilih menu yang mahal,, hasilnya keuntungan naik lumayan banyak..

Hal lain yang menyumbang banyak keuntungan adalah minuman... jika bisa jangan hanya menjual es teh dan teh hangat, anda juga bisa menjual minuman lain seperti buble ice yang keuntunganya bisa 3-4 kali lipat dari es teh..

Selain agar pembeli tidak bosan, hal ini akan menambah keuntungan anda.

Anda bisa menambah menu lain yang sesuai, namun jangan menambah menu makanan lain seperti soto atau makanan berat lain.. makan beratnya hanya ayam bakar ya...

Hal selanjutnya yang dan hal paling penting adalah :

Menentukan Cara Menarik Pembeli ke Warung Ayam bakar Anda

Saya teringat pertama kali membuka ayam bakar, sebenarnya belum buka sih..saya hanya memasang Banner dan memperbaiki rolling door warung saya..

Namun saat itu, banyak orang yang mampir menanyakan ayam bakar saya..padahal saat itu belum ada masakan karena masih memperbaiki rolling door..

Bahkan setelah buka pun,, tak jarang orang yang menunggu di depan warung sebelum warung dibuka....

Kok bisa.?

Rahasianya adalah di promosi yang edann..
 Saat itu saya menjual ayam bakar saya dengan harga Rp. 9.500 saja, dengan uang segitu, pembeli mendapatkan 1 porsi ayam bakar, 1 porsi nasi, 1 gelas es teh.  Porsi rujak buah seharga Rp. 5.000 dan kupon undian berhadiah HP..

Saya memajang tulisan itu di banner di depan warung saya..banner saya cukup besar dan mudah dilihat oleh orang yang lewat..

Bukan hanya itu,,.. saya juga mempromosikan usaha saya melalui grup promosi dikota saya... dengan gambar yang menarik di dukung promosi gendeng..

Usaha saya virallll...

Bahkan saya kehabisan ayam bakar di hari pertama saya membuka usaha..terkadang bahkan sampai menolak pembeli karena habis..

Jika anda bertanya apakah saya rugi menjual ayam bakar dengan harga Rp. 9.500, jawabanya adalah saya tetap untung... karena melakukan trik marketing ala marketing revolution..

Sebenarnya tanpa membuat promo gila pun anda bisa membuat usaha anda ramai sejak hari pertama buka,, yaitu dengan promosi yang gencar.. baik melalui media online maupun offline..

untuk selengkapnya tentang cara promosi anda bisa membaca : cara promosi online dan cara promosi offline usaha ayam bakar

inti dari promosi adalah agar orang datang membeli dan mencoba ayam bakar anda., semakin banyak orang yang mengenal ayam bakar anda, maka semakin tinggi pula kemungkinan usaha anda akan menhasilkan banyak omset.

Bagaimana Cara AgarUsaha Warung Ayam Bakar Tetap Eksis

Eksis disini berarti terus mendapat pembeli dan pelanggan tetap, dan juga ayam bakar anda terus menghasilkan profit setiap hari, bahkan semakin besar..

Agar usaha anda tetap eksis anda harus melakukan
  • -          Menjaga kualitas rasa ayam bakar anda
  • -          Menjaga pelayanan warung ayam bakar anda
  • -          Menjaga hubungan dengan konsumen
  • -          Dan terus mempromosikan usaha
  • -          Buatlah inovasi


Agar usaha anda terus, anda harus memiliki rasa ayam bakar yang lezat dan menjaga kualitasnya tetap terjaga,, jika pembeli tidak puas dengan rasa ayam bakar anda, mereka tidak akan kembali membeli...

Selalu pelajari resep-resep ayam bakar agar rasa ayam bakar anda semakin baik dan semakin lezat. dibawah ini adalah salah satu resep membuat ayam bakar yang bisa anda pelajari



Selanjutnya adalah anda harus menjaga pelayanan dan hubungan anda dengan pelanggan.. tidak ada salahnya menyambut pembeli denga ucapan “selamat datang” dan mengucapkan “hati-hati dijalan” saat mereka pulang.

Mungkin terkesan remeh, namun hal ini bisa membuat mereka merasa nyaman dengan pelayanan warung ayam bakar anda..

Buatlah inovasi menu ayam bakar anda, pembeli itu terkadang gampang bosan, dengan menawarkan menu baru, anda bisa memberikan kesegaran menu kepada mereka..

Dan selanjutnya,,, terus promosikan usaha anda agar semakin dikenal orang dan diingat orang. Apakah anda tahu kenapa usaha tidak laku?
  • -          Karena yang tahu sedikit
  • -          Karena kualitas buruk
  • -          Karena pelayanan buruk
  • -          Karena ada yang lebih baik
Untuk Menghindari kesalahan fatal ini anda bisa membaca : Biang kerok sepinya usaha


Kesimpulan

Membuka warung ayam bakar memerlukan modal yang lumayan karena membutuhkan sewa tempat, namun jika anda yakin, anda bisa membuka usaha warung ayam bakar anda hari ini juga.. dengan memperhatikan lokasi yang strategis, kualitas rasa ayam bakar yang enak, dan promosi yang brutal.


Jika anda menjalankan langkah-langkah diatas, anda bisa membangun warung ayam bakar yang bisa selalu ramai, laris dan eksis

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter