Kenapa Usaha Anda sepi?, Simak 12 Tips Meramaikanya


Kenapa Usaha Anda sepi?, Simak 12 Tips Meramaikanya

kenapa usaha saya sepi pembeli
Bingung kenapa usaha anda sepi? 12 Tips ini akan sangat ampuh untuk meramaikan usaha anda yang sepi pembeli. Bahkan anda tidak memerlukan dukun atau paranormal untuk melakukanya. Kali ini GanBisnis akan membahas dengan tuntas alasan dan solusi kenapa usaha anda sepi dan surut.

Sebelum GanBisnis memulai poin pertama, GanBisnis akan memberi tahu 2 penyebab utama usaha anda tidak ramai, yang pertama adalah “Anda tidak bisa menjual” dan yang ke dua “Anda kurang dekat dengan Alloh”.

Siapa bilang saya gak bisa jualan, saya bisa kok?

Kalau anda bisa jualan maka usaha anda pasti laris, bukankah begitu, ? maka dari itu anda harus menyimak cara berjualan ala GanBisnis agar usaha anda semakin laris pembeli.

Inilah 12 alasan kenapa Usaha anda sepi pembeli dan bagaimana solusinya :

Usaha anda sepi karena kualitas barang yang buruk

“Siapa bilang kualitas saya buruk, barang yang saya jual bagus kok”.

Sebentar... apakah itu pendapat anda sendiri ataukah pendapat konsumen anda? jika itu pendapat anda sendiri, bukankah semua penjual berfikir bahwa daganganya bagus. Saya juga pernah melakukan kesalahan yang sama.

Kualitas barang yang buruk adalah hal pertama kenapa usaha anda sepi pembeli, mungkin awalnya ramai karena kualitas dagangan anda masih terjaga baik, namun lama-kelamaan anda mulai tidak menjaga kualitasnya.

Akibatnya apa?

Pembeli yang awalnya merasa puas mulai pergi karena kualitas dagangan anda menurun. Dan ahirnya usaha anda sepi.

Solusinya tentu saja memperbaiki kualitas produk anda, caranya bagaimana?

Jika anda bergerak dibidang kuliner, anda bisa mencari resep yang lebih baik, atau anda bisa mengikuti kursus memasak, atau yang terbaik anda bisa ke tempat kuliner paling enak di kota anda dan membeli resep miliknya.

Jika anda melakukan hal tersebut dengan sungguh-sunguh dan berkomitmen untuk menjaga mutu barang dagangan. insyaAlloh orang akan puas dengan dagangan anda dan akan menjadi pelanggan tetap.

kenapa usaha saya sepi pembeli


Usaha anda sepi karena lokasi yang buruk

“Lokasi saya bagus kok, saya membuka usaha di pinggir jalan raya yang ramai orang lewat!”

Nah, kalo yang ini GanBisnis juga sudah mengalaminya sebanyak 2 kali, kesalahan mencari tempat usaha yang berahir dengan tutupnya usaha.

Pertama, lepaskan ego anda dan telitilah baik-baik tempat anda. berapa banyak kah rumah di dekat usaha anda. apakah kawasan anda penuh dengan rumah, sangat padat.

Ataukah kawasan anda lebih luas sawahnya daripada rumahnya.?

Anda bisa melihat google map untuk mengecek kepadatan penduduk di sekitar usaha anda.

“Apa hubunganya kepadatan penduduk dengan sepinya pembeli?”

Tentu ada, sekarang saya bertanya pada anda, di desa anda ada 2 penjual mie ayam, 1 jauh 1 lagi dekat, kedua mie ayam tersebut rasanya tidak jauh berbeda. Nah, jika anda kelaparan dan ingin makan mie ayam, warung manakah yang akan anda kunjungi?

“jawabanya pasti mie ayam yang dekat”

Orang-orang lebih suka membeli di tempat yang dekat daripada tempat yang jauh, jika jika wilayah usaha anda tidak begitu banyak orang, pantas saja jika usaha anda sepi. Kecuali usaha anda memiliki nilai tambah yang sangat bagus.

“Tapi kan usaha saya di pinggir jalan raya yang ramai?”

Jalan yang ramai tidak selalu membuat usaha anda ramai, anda beberapa hal kenapa hal ini terjadi, bisa jadi karena orang yang lewat tidak melihat usaha anda. atau karena anda tidak bisa membuatnya terlihat...

Atau bisa jadi mereka melihat usaha anda, namun tidak tertarik untuk mampir, untuk mengatasinya anda bisa menuju ke alasan berikutnya


Usaha Sepi Karena Tidak Terlihat

“Aneh-aneh saja, masak usaha segini gede tapi bisa tidak terlihat”

Jika usaha anda sudah dipinggir jalan yang ramai atau dilingkungan yang padat penduduk  namun tetap tidak ramai, bisa jadi karena orang-orang yang lewat atau disekitar usaha anda tidak tau bahwa anda membuka usaha disana.

“Maksudnya bagaimana, saya tidak paham Gan?”

Biarkan saya bertanya lagi. Jika anda sedang dam perjalanan ke suatu tempat, mata anda akan fokus kemana? Apakah ke jalan?, ataukah kepinggir jalan dimana banyak toko-toko dan tempat usaha berjejeran?

“Ya Fokus ke jalan lah, kalo gak fokus ke jalan kan bisa bahaya”

Anda benar, nah jika orang-orang yang sedang bepergian semuanya fokus ke jalan, maka mereka tidak akan memperhatikan usaha anda, itulah salah satu alasan kenapa usaha sepi

Kecuali jika orang yang lewat tersebut berkendara dengan pelan dan santai dan berniat untuk cuci mata. Namun tidak semua pengendara seperti itu

“Kalau orang-orang tidak melihat usaha saya terus bagaiamana cara mengatasinya?”

Caranya adalah memaksa mereka untuk melihat usaha anda. yang pasti cara memaksanya bukan mengadang orang yang lewat dan menyuruh mereka minggir ya...ingat anda bukan polisi yang sedang razia..

Caranya ada 2, yang pertama adalah membuat seseuatu yang mencolok, yang kedua adalah membuat sesuatu yang bernada keras.

Banner, Spanduk dan umbul-umbul

“Saya sudah pasang banner kok di depan usaha saya, tapi masih sepi saja?”

Bentar, saya belum selesai, jika anda ingin usaha anda terlihat agar tidak sepi lagi, anda harus memakai banyak banner sekaligus, haha, saya gedein tulisanya biar bisa ngeliat.

kenapa usaha saya sepi pembeli


Bayangkan jika anda bepergian, dan disepanjang 100 meter ada 20 banner yang terpasang, jadi setiap 5 meter ada banner. Apakah anda akan melihat banner tersebut?

Pasti akan melihat bukan, masak 100 meter di depan ada 20 banner dan anda masih tidak bisa melihatnya, bahkan orang yang sedang fokus ke jalanpun pasti melihatnya. Saya yakin 90%.

Kenapa hanya 80%?

Karena orang yang sedang di bangku penumpang bisa jadi tidak melihatnya, kan mereka asik ngobrol dan makan cemilan..namun supir, dan pengendara motor pasti melihat banner tersebut.


Maka dari itu perbanyaklah banner anda, atau perbesar agar orang-orang yang lewat melihat banner anda dan ahirnya melihat usaha anda.

Saya belajar hal ini dari salah satu Warung yang openingnya meledak luar biasa, nama warungnya adalah Mbok Judes, dia hanya pasang banner kecil, mungkin hanya 30x30 cm saja, namun dia menyebar ribuan banner diseluruh kota jombang.

Yang terjadi selanjutnya adalah pembelinya sangat ramai, hingga parkiran yang lebar pun penuh sesak,

Sayangnya sekarang warung tersebut tutup karena makanan dan harga yang ditawarkan tidak sesuai. Dan hanya ramai di awal saja, eh maaf bukan ramai, tapi super ramai..

Jika anda tidak memiliki cukup dana, anda tidak perlu membuat ribuan banner kok, karena harganya mahal dan perijinanya pun juga mahal, anda bisa memulai dengan memasang 5-8 banner saja di sepanjang jalanan  usaha anda.

Eh, tapi tunggu dulu, anda bisa membuat banner anda menarik 5X pembeli dengan cara selanjutnya...

Usaha anda sepi karena penawaran anda jelek.

Penawaran?, maksudnya apa gan?, apakah pelanggan boleh menawar dagangan kita? Apakah begitu?


Tentu saja buka,...

Penawaran adalah cara anda menawarkan barang dagangan anda. biasanya berbentuk tulisan pada banner atau pada spanduk..

Contoh, para pemilik warung soto ayam akan menulis seperti ini di bannernya “soto ayam kampung” atau “Soto Ayam pak Somad”, atau “Sedia Soto Ayam”

Apakah penawaran seperti itu salah?

Tidak juga, namun penawaran tersebut bisa diperbaiki..sekarang bayangkan anda berada di sebuah jalan dengan 10 warung soto yang sedang berjejer, mereka menggunakan penawaran yang sama seperti diatas. Diwarung manakah anda akan membeli makan?

Pasti anda akan berkata “ya dimana saja bisa, sama-sama soto”

Nah sekarang bayangkan jika disana ada satu warung soto yang memasang 8 banner dengan tulisan “Soto Terenak Di Jogja,Gratis es krim seharga Rp.6.000”

Kira-kira warung manakah yang lebih menarik dan akan anda kunjungi, pasti yang memberikan penawaran lebih bukan?

Sama halnya jika anda ingin membuat usaha anda yang sepi menjadai ramai, anda harus membuat penawaran yang bagus dan bisa membuat orang ingin mencoba produk anda. apalagi jika banner anda ada banyak..

Saya jamin orang-orang akan berbondong-bondong ke usaha anda.

Jika anda hanya menggunakan Banner, yang akan datang hanya orang yang lewat dijalanan anda dan melihat banner anda.  ada satu cara lagi yang bisa anda gunakan untuk MEMVIRALKAN USAHA ANDA... yaitu :

Usaha Sepi Karena Tidak Promosi Online


 Nah, ini juga sering dialami oleh banyak orang, jika anda tidak mempromosikan usaha anda secara online maka usaha anda cepat atau lambat akan ditelan oleh kompetitor anda.

kenapa usaha saya sepi pembeli


Coba pikir, jika anda saat ini berjualan bakso dan laris, kemudian ada seseorang diluar sana yang mempromosikan baksonya secara online dan menyediakan jasa delivery. Lama kelamaan usaha anda akan tergulung dan ditinggalkan tanpa anda menyadarinya.

Coba Lihatlah toko baju disekitar anda, masing-masing toko akan mulai sepi hari demi hari karena kalah dengan toko online yang makin menjamur. Mereka menawarkan kemuadhan pemesanan dan pembayaran.

Sudah ribuan orang yang sukses memulai usaha onlinenya. Bahkan mereka tidak membutuhkan tempat yang mentereng dan mahal untuk memulainya.

Anda tidak ingin bukan mengalami nasib yang sama?

Nah, sebelum itu terjadi anda harus memulai berpromosisecara brutal dan gila-gilaan. Pastikan semua orang di daerah anda tau siapa anda dan apa yang anda jual.

Ada sebuah teori bernama teori pembiasaan, teori ini berbunyi = semakin sering seseorang melihat sesuatu, maka dia akan semakin percaya dengan hal tersebut.

Jika usaha anda saat ini sepi, anda wajib membuat sebanyak mungkin orang mengenalkan diri anda ke banyak orang sesering mungkin. Mungkin di awal-awal tidak terjadi perubahan yang terlalu besar, namun jika berjalan dalam waktu panjang misalkan satu tahun, anda akan mengalami perubahan yang sangat luar biasa..

Saya jamin, insyaAlloh.


Promosi via Instagram

“Saya sudah punya akun instagram dan mempromosikan usaha, tapi tetap saja sepi?”

Tunggu dulu, kalo boleh tau sudah berapa jumlah postingan anda?, apakah 10 atau 20..? atau kurang dari itu..

Jika iya, pantas saja usaha anda tidak terkenal.

Menurut Berto Saksono, seorang pakar marketing Instagram, anda harus mengejar follower sebanyak 10.000 dan postingan sebanyak 1000 dengan 10 hashtag setiap postinganya.

Wah, kok banyak banget? Bagaimana cara mencarinya?

Ya anda bisa postinga secara rutin, dan satu lagi, follower anda harus tertarget ya, jika anda menjual bakso maka follower anda harus warga dikota anda, bukan orang dari provinsi lain yang tidak mungkin membeli.

Kembali ke cara, caranya bagaimana untuk mendapatkan 10.000 follower dan 1000 postingan?

Ya anda harus usaha secara rutin, rutin posting dan rutin memfollow orang-orang yang menjadi target anda.

Wah, berat ya..?

Ya kalo anda ingin sukses harus usaha dengan keras, karena ada yang harus dibayar di setiap hasil yang diinginkan. Dengan 10.000 follower tertarget anda bisa mendapatkan setidaknya 5-10 juta perbulanya (menurut Berto saksono)

Apakah ada cara yang lebih mudah untuk mendapatkan 10.000 follower tertarget?

Ada, namun anda harus membayar untuk hal tersebut. Anda bisa menyewa jasa digital marketer yang harganya juga lumayan mahal. Bisa diatas 2 juta perbulan.

Atau jika anda tidak memiliki budget sebesar itu, anda bisa menggunakan aplikasi Ratagram, harganya servis nya adalah Rp. 100.000 perbulan, namun jika anda ingin lebih hemat, anda bisa membeli paket 6 bulan sebesar Rp. 550.000. aplikasi ini bisa melakukan posting, follow unfollow secara otomatis bahkan saat anda tidur, dengan alat ini anda bisa mendapatkan 1000 follower dalam satu hari. Wow...

Jika anda mau, anda bisa membelinya di sini

Wah mahal ya?

Mahal itu relatif, jika dengan Rp. 550.000 untuk 6 bulan, anda bisa menghasilkan Rp. 5.000.000 per bulan apakah itu mahal?

saya yakin jawabanya pasti murah. Bahkan anda bisa mendapatkan lebih jika anda sudah ahli dalam memakainya.


Promosi Facebook dengan Brutal

Nah, siapa yang tak kenal facebook, rakasasa sosial media ini sudah menjadi makanan sehari-hari para milenial. Jika anda tidak memakai facebook untuk mempromosikanya, maka anda bisa kehilangan harta karun disana.

kenapa usaha saya sepi pembeli


Facebook adalah tempat yang strategis untuk berpromosi, bahkan salah mentor saya Albert Leonard dan Denny santoso sudah mengeluarkan milyaran rupiah hanya untuk membayar iklan di facebook, gila bukan?

Gilanya lagi, profitnya juga lebih banyak dari modalnya.

Jika usaha anda sepi, anda wajib mempromosikan usaha anda disana, bisa dengan cara gratis maupun dengan cara membayar iklan facebook.

Jika anda ingin berpromosi secara gratis, anda bisa menggunakan grup jual beli di facebook, caranya

-Masuk ken  70 grup sekaligus
-Promosikan usaha anda 1 kali sehari.
-Tambahkan teman tertarget yang sekiranya berminat pada dagangan anda
-Postinglah secara berkala di wall anda
-Berinteraksilah dengan teman-teman anda tersebut.

Jika anda sukses tentu saja anda harus melakukan usaha yang keras,salah satu teman saya penjual bibit lombok, bisa menghasilkan omset hingga 300 juta sebulan dengan promosi menggunakan facebook. Gila bukan...

Sebenarnya banyak yang lebih gila dari teman saya ini.

Duh, kok banyak ya..? Apakah dijamin berhasil?
Jika anda melakukan tugas tersebut dengan baik dengan brutal dengan sebanyak-banyaknya insyaAlloh anda akan segera mendapatkan hasilnya kok. Bahkan saya juga berjualan lewat grup facebook dan alhamdulilah laku. Hehe

jika anda tidak punya banyak waktu, anda bisa menggunakan aplikasi facebot, aplikasi ini sangat bagus..benar-benar bagus, fungsinya hampir sama dengan ratagram namun ini untuk facebook.

Aplikasi ini akan bekerja bahkan saat anda tidur sekalipun, sama seperti Jargonya Eat-sleep-earn.. yang artiknya makan-minum-ngasilin..

Alat ini bisa menghasilkan penjualan untuk anda bahkan saat anda tidur, harganya cukup mahal, sekitar Rp. 900.000,

Namun bagi orang yang tau kegunaanya harusnya aplikasi ini dijual Rp. 10.000.000, karena fungsinya yang luar biasa untuk promosi via facebook,

Jika anda berminat anda bisa membelinya di tool promosi facebook

Jika anda memiliki uang berlebih, anda bisa menggunakan facebook ads sebagai media promosi, namun jika anda masih awam anda harus belajar terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian.

Untuk cara promosi menggunakan facebook ads, saya insyaAlloh akan membahasnya di postingan lain karena akan sangat panjang.

Promosi Menggunakan Youtube

Mana bisa promosi via youtube?

bisa kok, yang anda butuhkan adalah membuat 1000 video promosi anda dan diupload secara berkala di youtube, gunakan thumbnail yang membuat orang ingin melihat video anda ya.

1000 video? Gimana cara membuatnya mudah? Apakah ada tool seperti facebook dan instagram?

sayangnya saya belum menemukan tool yang mempermudah anda untuk promosi via youtube.  Jika anda mau, anda harus bekerja keras untuk itu.

Youtube adalah salah satu tempa promosi yang cukup bagus, salah satu member grup sb1m mendapatkan omset 100 juta perbulan dari promosi via youtube.

Yang penting promosi anda harus brutal dan kosisten.


Mungkin untuk promosi di internet cukup itu saja, nah kita lanjut ke alasan kenapa usaha anda sepi yang selanjutnya.

Usaha Sepi Karena Guna-Guna

Usaha Sepi bisa juga dikarenakan guna-guna, mungkin terlihat tak masuk akal, namun pada kenyataanya banyak orang yang melakukan cara buruk ini.

Anda boleh percaya boleh tidak, namun itulah kenyataanya. Usaha saya juga pernah diguna-guna (menurut teman saya), dia bilang kalau ada orang yang sering mondar mandir di depan tempat usaha saya dan menaburkan garam disana.

Kok tega banget ya?

 Yah, begitulah manusia, nah bagaimana solusinya?

Solusinya adalah dengan melakukan rukyah. Dan ingat jangan menggunakan jasa dukun,jangan pernah.....karena itu adalah hal syirik dan anda akan dimintai pertanggung jawaban.

Nah, untuk rukyah saya tidak begitu faham soal ini, namun anda bisam mencari jasa rukyah di kota anda, saya yakin ada perukyah di kota anda.

Usaha Sepi karena Kurang dekat dengan Alloh

Sebenarnya ini GanBisnis.Com ini blog bisnis atau agama sih?

Nah, bisnis tanpa didasari kepasrahan pada Alloh juga akan bangkrut. Hehe

Percaya atau tidak, Alloh sudah berkali-kali mengijabahi doa saya, termasuk dalam hal keuangan, kunci dari usaha yang ramai adalah dekat dengan Alloh, insyaAlloh anda akan mendapatkan kekayaan dan ketentraman saat mendekatkan diri kepadanya.

Anda bisa menjalani program “40 hari menjadi kaya” milik Yusuf mansur, doa saya pernah diijabahi oleh Alloh tidak sampai 40 hari, jika anda ingin tahu program ini seperti apa, anda  bisa menyimak 40hari menjadi kaya

Tonton Video Ini


Penutup

Itulah alasan usaha anda sepi dan 12 cara mengatasinya ala GanBisnis, saya minta maaf ya, sebenarnya tidak sampai 12, saya memakai judul tersebut hanya karena iseng saja. Hehe

Bantu kami share artikel ini ya, agar semakin banyak orang yang terinspirasi, semoga share anda menjadi amal jariyah karena menjadi jalan rizki untuk orang lain.

Selamat berjuang, semoga usaha anda segera ramai


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter