Cara Promosi Offline Paling Ampuh


Cara Promosi Offline Paling Ampuh



Promosi adalah salah satu kunci keberhasilan suatu usaha, mau tidak mau jika ingin usaha anda besar, anda harus mulai berpromosi. Lihatlah semua brand besar, mereka semua gencar membuat iklan baik banner maupun di TV untuk membuat usaha mereka terkenal dan besar. Kali ini GanBisnis.Com kana membahas bagaimana cara promosi offline paling Ampuh.

Sebelum membahas tentang cara promosi offline, GanBisnis akan menjelaskan kesalahan kebanyakan orang dalam berpromosi offline.

Kesalahan kebanyakan orang dalam berpromosi adalah, HANYA MENGGUNAKAN SATU MODEL PROMOSI SECARA TERUS MENERUS.

Wah, tulisanya caps lock, hehe, itu karena pentingnya merubah hal tersebut.

Dalam promosi, yang paling penting adalah penawaran anda, jika penawaran anda bagus maka orang pasti akan berkerumun ke usaha anda.

Bayangkan anda disebuah jalan dengan warung soto yang berjejer, semuanya memiliki spanduk/banner yang sama “Soto Ayam Bu Yani”“Jual Soto Ayam”, “Soto Ayam Kampung”, “Soto Madura”, “Soto Daging Pak Somad” diasana terdapat 5 warung soto.



Kira-kira anda akan mampir ke warung mana?

Mungkin bagi anda semua warung soto terlihat sama saja bukan, namun bayangkan jika ada satu warung soto lagi yang bannernya bertuliskan

“Soto BangBis, Kalo Gak Enak Sotonya Gratis”

Kira-kira jika anda lapar, anda akan lebih memilih ke warung yang mana, anda pasti memilih yang terahir bukan?, itulah fungsi daripenawaran.

GanBisnis.Com pernah membuat sebuah Warung Ayam Bakar, saat awal buka, GanBisnis.Com langsung memasang Banner Promo Gendeng. 

Saat itu harga ayam bakar normalnya adalah Rp. 13.000. namun GanBisnis.Com membuat Promo Seperti ini

Ayam Bakar Juragan, Rp. 9.500 dapat, Ayam Bakar + nasi + Es teh + rujak Buah seharga Rp. 5.000 dan + undian berhadiah HP, Pulsa dll.

Coba hitung, berapa kerugian saya. ?

Jika anda bilang saya rugi banyak, anda salah...saya masih mendapatkan untung dari situ. Rahasia membuat Promo Akan kita bahas nanti.

Saat GanBisnis.Com memasang Banner tersebut sudah ada orang yang langsung datang ingin pesan. Padahal saat itu Warung GanBisnis belum dibuka, masih dalam fase renovasi.

Dan gilanya lagi, saat promosi lewat online, warung GanBisnis sempat viral, karena Promo Gendeng ini.

Yang GanBisnis pasang di depan warung hanya 1 banner saja lho, dan itu sudah bisa mengundang banyak orang. Bayangkan jika GanBisnis memasang 10 banner berjejer di sepanjang jalan. Hmmmm.. pasti bakal luar biasa.. hehe

Terus sekarang warungnya bagaimana?

Sayangnya warungnya ahirnya tutup, karena istri sudah hamil besar dan warung tidak terurus (karena GanBisnis juga bekerja).

Nah, Kembali ke cara Promosi Offline paling Ampuh. Ada 2 Model Promosi yang paling ampuh, dan berhasil meskipun anda tidak melakukan diskon atau apa, namun jika anda mau membuat diskon tentu akan lebih edan lagi.

Kita akan membahas masing-masing

BANNER


Inti dari Promosi menggunakan banner adalah agar orang membaca promosi usaha kita, dalam pembuatan banner ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

 Habis dibaca dalam 5 Detik atau kurang

Banner harus singkat dan jelas, bayangkan anda mengendarai sepeda motor dijalan, kemudian anda melewati sebuah banner dengan tulisan panjang yang butuh waktu 40 detik untuk membaca seluruhnya. Kira-kira apa yang anda lakukan?

a.       Berhenti dan membaca seluruh banner
b.      Membaca judulnya saja

Kemungkinan besar anda hanya membaca judulnya saja, karena anda malas untuk berhenti dan membaca semua tulisan yang ada.

Kecepatan normal pengendara adalah 60 Km/jam, dan hanya memiliki waktu sekitar 4 detik untuk melihat banner di pinggir jalan, pastikan orang bisa menangkap promo anda kurang dari 4 detik ya, agar mereka tau promo anda.

Tulisan Besar Dan Jelas

Hindarilah memakai tulisan yang dimodel unik, dimodel aneh-aneh yang malah menyulitkan orang untuk membaca, gunakan font biasa seperti Times New Roman atau font lain yang mudah dibaca.

Gunakan Tulisan yang besar, agar orang bisa membaca meski dalam jarak 10-15 meter. Sehingga jika ada pengendara yang lewat, dia memiliki jarak 10-15 meter untuk membaca promo anda hingga selesai.

Promo Yang Menarik


Buatlah Promo yang menarik, anda bisa memberikan diskon ataugratis coba produk anda. Atau anda juga bisa menawarkan potongan khusus untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

Buatlah Banner dalam jumlah banyak

Salah satu keuntungan banner adalah harganya yang murah, Pembuatan banner cukup murah, untuk ukuran 1X2 meter, anda cukup membutuhakan dana 50 ribu saja bahkan di jombang kota GanBisnis berada hanya 30 ribu.

Bayangkan jika anda Melintasi sebuah jalan, kemudian disepanjang jalan tersebut ada 10 Banner besar yang jaraknya 15 meter per banner dengan Tulisan “Ayam Bakar Juragan, Makan Sekenyangnya hanya Rp. 11.000”

Bayangkan di 15 meter pertama anda melihat banner ini, kemudia 15 selanjutnya ada banner ini lagi, kemudian di 15 meter selanjutnya ada banner ini lagi, begitu sampai 10 banner,

Anda pasti berkata dalam hati seperti ini
Kenapa bannernya banyak banget?
Wah Promonya bagus,
Wah, kapan-kapan aku mampir ah, promonya bagus.

Nah, banner ini membuat anda lebih ingat dengan ayam bakar tersebut bukan, inilah kenapa iklan rokok mau membuat banner disepanjang jalan.

SPANDUK

Spanduk Gunanya hanya sebagai pengambil perhatian saja, karena spanduk tidak bisa diberi promo karena akan susah dibaca.


Bayangkan jika anda melintasi sebuah jalan kemudian ada spanduk berwarna merah menyala sebanyak 10 buah dipasang dengan jarak 10 meter masing-masing spanduk. Diantara spanduk tersebut ada cafe berwarna merah juga.

Anda pasti akan lebih memperhatikan cafe tersebut bukan, padahal di depan cafe tersebut ada cafe lain yang juga buka.

TES PROMOSI ANDA

Jangan hanya menggunakan satu model promosi saja ya, selalu ukur dan tes promosi anda.

Misalkan pada bulan pertama anda membuka usaha, pasx`anglah sebuah promo misal “Diskon 20% setiap pembelian” nah ukurlah berapa orang yang membeli dari anda, kemudian di bulan berikutnya gantilah promo anda “Bonus Kaos Senilai Rp. 50.000 setiap pembelian” . kemudian tes dan amati apakah ada peningkatan penjualan atau tidak?

jika terjadi peningkatan misalkan meningkat 50%, maka laba yang anda dapatkan juga meningkat bukan?

Hanya dengan merubah promo saja.

Bayangkan kalau anda tidak pernah merubah promo anda. Kemungkinan penjualan anda tidak akan meningkat sebanyak 50% dalam waktu sebulan.

Penutup

Itulah cara promosi offline yang paling ampuh versi GanBisnis.Com,  bantu share artikel ini ya agar lebih banyak orang yang mendapat manfaat. Semoga share anda menjadi amal jariyah karena menjadi jalan rizki bagi orang lain

Selamat berjuang, semoga bisnis anda sukses.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter